News Update21 Februari 2020 09:35:55: MAN 4 Sleman luncurkan branding madrasah

MAN 4 Sleman peroleh Sertifikat Tanah dari kantor BPN Kabupaten Sleman

26 Agustus 2017 - 12:24:28 Posted by admin / Kategori : Berita / Hits : 430
MAN 4 Sleman peroleh Sertifikat Tanah dari kantor BPN Kabupaten Sleman

(SLEMAN) – Setelah berjuang selama delapan bulan lamanya akhirnya MAN 4 Sleman berhasil memperoleh sertifikat tanah dari kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sleman. Hal ini patut disyukuri mengingat untuk memperoleh sertifikat tanah membutuhkan kesabaran dan keuletan yang tinggi.

Penyerahan sertifikat tanah dilakukan oleh Kasubsi PPT BPN Sleman M Saleh Pattimura, A.Ptnh kepada Kepala Kantor Kementerian Agama DIY yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah, Drs H Edhi Gunawan, MPdI, yang selanjutnya sertifikat diserahkan kepada Kamad MAN 4 Sleman, Akhmad Mustaqim, SAg, MA untuk diarsipkan. Acara tersebut berlangsung di RM Baleroso, Ngaglik, Sleman hari Kamis (24/8).

Seperti pernah dilansir di web ini sebelumnya, pada bulan Februari 2017 MAN 4 Sleman memperoleh hak atas tanah seluas 7.850 m2 di tiga lokasi berbeda, dengan luas masing-masing 2.621 m2, 2.410 m2, dan 2.819 m2. Namun setelah diukur ulang oleh BPN, maka luas tanah yang bisa disertifikatkan adalah 7.735 m2, dimana ada satu obyek tanah yang dipecah menjadi dua obyek tanah untuk disertifikatkan mengingat di lokasi tersebut terdapat parit. Sehingga kini MAN 4 memiliki empat sertifikat tanah hak pakai. Keempat SHP tersebut bernomor 00048, 00049, 00050, dan 00051. Dua nomor terakhir merupakan TLHP Itjen Kemenag RI selama bertahun-tahun.

Dalam acara tersebut, Mustaqim mengungkapkan rasa gembira atas apa yang saat ini MAN 4 Sleman peroleh. “Alhamdulillah pada akhirnya kami memperoleh sertifikat tanah setelah hampir 10 tahun lamanya statusnya terbengkalai”, kata Mustaqim. “Saya ucapkan terima kasih kepada Muh Bahrul Anwar, SH selaku Kepala Tata Usaha MAN 4 Sleman yang telah berjuang gigih dan tak kenal menyerah dalam upaya memperoleh sertifikat tanah madrasah. Tak lupa juga saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari beberapa pihak, terutama Pemkab Sleman, BPN Sleman, Bappeda Sleman, serta Komite Madrasah”, lanjut Mustaqim.

Sementara itu Saleh Pattimura berpesan agar tanah yang belum bersertifikat untuk segera diurus dengan membawa persyaratan lengkap biar proses pengurusan sertifikat akan lebih cepat dibandingkan jika persyaratan belumlah lengkap. “Jangan sampai ada pihak yang menggugat padahal sertifikat sudah diterbitkan”, demikian lanjut Saleh Pattimura.

Sedangkan Edhi Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa Bidang Pendidikan Madrasah akan memprioritaskan penyelesaian pengurusan sertifikat tanah madrasah. Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di lingkungan Kemenag DIY saat ini dianggap BPK masih belum sesuai dengan peraturan. “Kita prioritaskan yang bisa segara diselesaikan untuk didahulukan, jika sekiranya prosesnya masih panjang maka kita alokasikan di waktu berikutnya,” kata Edhi. MAN 4 Sleman, lanjut Edhi, pantas menjadi piloting untuk ditiru madrasah lain dalam hal pengurusan tanah madrasah. Keberhasilan proses sertifikasi tanah MAN 4 Sleman ini menjadi piloting untuk ditiru di Madrasah lain. Sekaligus menjadi bukti kepengurusan sertifikasi tanah bukan menjadi hal yang mustahil. Dengan proses yang benar dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, waktu yang dibutuhkan tidak sampai satu tahun.

Usai acara, Bahrul Anwar mengungkapkan kesan-kesannya. “Proses pensertifikatan/ balik nama tanah madrasah yang masih berstatus atas nama perseorangan bukanlah hal yang mustahil. Apabila ditekuni secara terus menerus dan dengan kekompakan tim dalam intern satker yang mempunyai problem permasalahan tanah tersebut, serta koordinasi yang komunikatif, aktif dengan instansi yang berkompeten (kantor desa, kantor kecamatan, BPN, Dispenda, Bappeda, Perijinan) dan pihak keluarga yang masih menjadi atas nama perseorangan dalam sertifikat tersebut, lebih-lebih didukung dengan dokumen yang lengkap, pasti dapat dituntaskan”. Harapan saya, lanjut Bahrul, dengan telah dituntaskannya proses pensertifikatan/balik nama tanah MAN 4 Sleman tersebut, terutama yang terkait penyelesaian rekomendasi TLHP Irjen yang secara kedinasan telah disampaikan permohonan penyelesaiannya melalui Kanwil Kemenag DIY, ke depan tindak lanjut proses perzeroan (pengenolan saldo temuan) yang sudah diselesaikan oleh satker benar-benar diselesaikan secara tuntas oleh Kanwil, sehingga kedepan ketika pihak auditor/ Irjen ketika merilis saldo temuan atas rekomendasi TLHP yang sudah diselesaikan oleh K/1 (satker) yang diaudit, benar-benar menjadi nol dan tidak muncul lagi (fh).

Tags : tanah

Info Terkait


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 123 + 3 = ?
Banner
nama
brand
adiwiyata
akreditasi sekolah
akreditasi perpustakaan
Statistik Member
Member:3 Orang
Member Aktif:3 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:2
Total Pengunjung:30761
Total Hits:87446